Menu

Senin, 05 Desember 2016

UJI HOMOGENITAS



Uji Homogenitas
             Beberapa metoda statistik mensyaratkan adanya asumsi kesamaan varians sebagai salah satu syarat dapat diterapkannya metoda statistik tersebut sebagai metoda analisis seperti penggunaan uji-F pada uji ANOVA satu arah dan uji t pada uji kesamaan rata-rata. Pengujian homogenitas dimaksudkan untuk memberikan gambaran bahwa sekumpulan data yang dimanipulasi dalam serangkaian uji analisis memang berasal dari populasi yang tidak jauh berbeda keragamannya.

Pengujian homogenitas varians suatu kelompok data, dapat dilakukan dengan cara: 1) Uji F dan 2) Uji Bartlett dan 3) Uji Levene.  

Contoh Soal
Sebuah produk sepatu olahraga “AERO” sedang menganalisis hasil penjualan sepatu model terbarunya berdasarkan  tiga warna yaitu: Navy Blue, Sunny Yelow, dan Red Flash.  Untuk mengecek apakah warna sepatu mempengaruhi penjualan, 20 toko dipilih sebagai sampel.  Setelah beberapa hari, jumlah penjualan pada setiap toko dicatat, hasilnya seperti dibawah ini. 
Blue              :  42,  54,  60,  53,  61,72
Yellow          :  53,  38,  40,  76,  64, 45, 50
Red               :  55,  36,  45,  64,  70,  82, 75.
Ujilah apakah varians penjualan produk sepatu untuk tiga warna tersebut adalah sama

Pengujian Homogenitas dengan SPSS
1.  Bukalah Program SPSS
2. Pada Variable View sesuaikan settingan variable seperti gambar di bawah ini.
 

3. Pada Values ketikkan nilai seperti pada gambardi bawah ini, setelah selesai klik OK.


 
4. Selanjutnya, klik Analyze -->Compare Means-->One-Way ANOVA, masukkan variabel gabungan ke Dependent List dan Kode ke faktor.


5. Klik menu Options, kemudian ceklist Homogeinity of Variance Test 


6. Klik Continue, lalu OK untuk melihat hasil output SPSS nya.

 Interpretasi:

Ø  Berdasarkan data diatas diketahui nilai Levene Statistics sebesar 1,105 (perhitungan manual telah kita kerjakan pada halaman sebelumnya), nilai sig. 0,354 > 0,05 maka H0 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa data ketiga variabel tersebut memiliki varians yang sama (homogen).

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar